Senin, 14 Oktober 2013

PENIPUAN

Penipuan Barang Kiriman dari Luar Negeri

Banyak dari pembaca Blog ini yang bertanya perihal barang kiriman dari luar negeri yang akan dikirim ke Indonesia dan terlebih dahulu transit di Malaysia/ Singapura. Ketika barang itu transit di Malaysia/ Singapura, ada seseorang yang menghubunginya untuk meminta sejumlah dana untuk pembayaran.

Berhati-hati lah karena bisa jadi itu adalah penipuan!!! Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang masuk:

Dari
Isi Pesan/ Komentar
Tanggal
NaniSaya ingin tanya: Saya Nani di jambi, saya mendapatkan kiriman hadiah ulang tahun dari teman di London yang dikirim tanggal 23 juli 2012 melalui compass worldwid courier airway bill dengan jenis service worldwide diplomatic package. Kiriman tersebut berisi watch (dior diamond plant), dan 1 brown envelope yang berisi samsung galaxy s III, 1 buah buku dan cincin. dalam slip bukti pengiriman paket yang dikirim ke email saya, itu sudah termasuk shipment insurance dan transport collect dengan biaya total pengiriman BP. 1.306.89. Pada tanggal 28 juli 2012, saya mendapatkan sms dari Asian Courier Kuala Lumpur international airport bahwa paket kiriman untuk saya transit di malaysia, dan mereka meminta pembayaran 520 pound untuk biaya pengirimannya, tanpa memberitahu kemana harus membayarnya. Disitu dijelaskan bahwa paket akan di kirim melalui air asia diplomatic. Setelah saya googling, banyak yang mengatakan bahwa sebenarnya kalau barang dari europe biasanya transit melalui Singapore/ Malaysia tetapi tidak dikenakan biaya/pajak, karena hanya pindah moda transportasi saja. pembayaran pajak/bea akan dilakukan apabila barang sudah sampai tujuan/indonesia. Dikhawatirkan itu modus penipuan yang dilakukan oleh oknum courier disana. Karena saya awam dan baru pertama kali mendapatkan kiriman dari luar negeri, saya tidak tahu bagaimana sebenarnya prosesnya. Saya juga tidak tahu bagaimana cara mengecek keberadaan paket tersebut.................03-08-12
AnonimSelamat malam pak. saya mau tanya, saya menerima paket dari luar negeri tetapi paketnya tertahan di malaysia dan saya harus membayar ke bea cukai malaysia agar paketnya dapat dikirim ke indonesia. Apa yang harus saya lakukan dan apa benar setiap paket kiriman dari luar negeri harus transit dulu di malaysia? dan apa benar malaysia adalah titik akhir pengiriman dari luar negeri untuk daerah asia?25-08-12
AnonimSepertinya itu modus penipuan bukan pada couriernya bu, tapi memang dari awal (si pengirim barang) sudah berniat utk menipu, anda pasti kenal dgn teman anda yg di London via fb ya?? Hati-hati mbak... Sudah mulai banyak modus penipuan yg begini08-09-12
Nie TiifyanieMohon bantuannya sahabat saya mendapat paket dr sahabat berupa laptop dikirim melalui jasa pengiriman dashlink curir, skrng paket ditahan di malaysia krn dlm paket ada perhiasan dan uang euro, mereka meminta saya membayar izin dan adm 700 dolar, ketika sudah dibayar barang paket tidak dikirimkan juga dgn alasan saya harus membayar asuransi 4570 dan denda 50 dolar...apakah ini sesuai aturan atau hanya modus penipuan dari jasa penhiriman dashlikcs,com malaysia saja.. mohon bantuan solusinya08-09-12

Yang perlu diketahui adalah:
  1. Pada saat Anda memesan/ membeli barang di luar negeri, pihak penjual akan menunjuk pihak pengangkut (courier) untuk mengangkut barang Anda sampai ke Indonesia, yang nantinya akan bermuara di Kantor Pos maupun ke Perusahaan Jasa Titipan yang berada di Indonesia. 
  2. Biaya pengangkutan barang tersebut sudah ditagihkan pada saat Anda memesan barang tersebut, termasuk di dalamnya bisa terdapat asuransi dan sebagainya. Jadi Anda tidak akan ditarik lagi mengenai biaya pengirimannya, Pengangkut wajib bertanggungjawab sampai barang Anda tiba di Indonesia. 
  3. Begitu juga dengan barang hadiah yang diterima dari kerabat Anda disana. Pada saat kerabat Anda mengirim melalui Pengangkut, tentunya kerabat Anda sudah membayar biaya pengiriman sampai barang tersebut tiba di Indonesia, jadi tidak ada biaya lagi, walaupun barang tersebut transit di luar negeri, karena hal tersebut sudah menjadi tanggung jawab pihak Pengangkut.
  4. Bahwa pemungutan bea masuk dan pajak dalam rangka impor (import duty and tax) hanya dilakukan di Negara dimana barang tersebut dimasukkan. Kalau Anda mengimpor/ mengirim barang ke Indonesia, tentunya yang memungut bea masuk dan pajak dalam rangka impor adalah Bea Cukai Indonesia, bukan Bea Cukai Malaysia maupun Bea Cukai Singapura.

0 komentar:

Posting Komentar

 
HATI HATI KITA SEMUA TERHADAP JENIS PENIPUAN BERBAGAI BELAHAN DUNIA.